Indonesian culture

Tuesday 25 September 2018

MENIKMATI ALAM WADUK GAJAH MUNGKUR WONOGIRI

Hai sobaaaaatttt...,bagainmana kabar kalian?
Bicara Waduk Gajah Mungkur tentu kita akan teringat akan kota Wonogiri...Ya karena Waduk Gajah Mungkur memang berada di hampir sebagaian wilayah kabupaten Wonogiri.

Waduk Gajah Mungkur yang terletak di jalan Raya Wonogiri - Pracimantoro,Desa Pokoh Kidul,kecamatan Woonogiri,pada awalnya hanyalah sebuah telaga kecil.



Tentang keberadaan WGM ini ada dua versi cerita tentang asal usul WGM ini.Warga sekitar masih mempercayai bahwa keangkeran WGM sampai saat ini masih menjadi misterius.

ASAL USUL WADUK GAJAH MUNGKUR (WGM)
Ada 2 versi cerita tentang keberadaan WGM

1.Raja Gajah Madhep
 Pada masa itu ada Raja yang bernama Raja Gajah Madhep,sang raja tidak memiliki putra.Namun sang raja memiliki seorang keponakan yang sangat dia sayangi bernama Gajah Mego.Hingga pada suatu hari sang Raja merasa dirinya semakin tua,sang raja pun memutuskan untuk mengangkat keponakannya yaitu Gajah Mego menjadi seorang raja menggantikannya.
Namun hal itu di tentang oleh sang patih yang bernamqa Gajah Mungkur.Karena faktor usia yang membuat sang patih tidak setuju.Karena pada saat itu usia Gajah Mego masih terlalu muda untuk menjadi seorang Raja.

Perselisihan diantara keduanya pun semakin tajam.hingga terjadilah perang diantara keduanya yang di menangkan oleh sang patih Gajah Mungkur.
Bukti bahwa di daerah tersebut ada sebuah kerajaan bisa di lihat dari bukti adanya bekas makam-makam raja wonogiri yang terbgenam di masa lampau di waduk gajah mungkur.



2. Bedhol Deso
Adalah sebuah program pemerintah di masa lampau yng waktu itu di bawah pemerintahan Bpk Soeharto.Karena semakin padatnya penduduk di pulau jawa maka pemerintah melalui program transmigrasi melakukan pemerataan dan pertumbuhan penduduk melalui Bedhol Desa.
Bedhol Deso dalam bahasa jawa artinya Bedhol = angkat,pergi  Desa= desa.Jadi bila di terjemahkan secara luas Bedhol Deso adalah kegiatan pergi meninggalkan desa untuk berpindah ke daereah atau lokasi lain yang masih memiliki lahan luas.

Bedhol Deso di lakukan pada tahun 1976,ada 67.500 jiwa dari 50 Desa dari 6 kecamatan yang ada di wonogiri untuk mengikuti program transmigrasi.Tujuan dari para transmigran adalah Pulau Sumatera (Sumbar,Sumsel,Bengkulu dan Jambi)
Pemerintah telah merencanakannya jauh sebelum program transmigrasi di canangkan pertama kalinya.Yaitu pada tahun 1965 di buatlah rencana pembangunan WGM,kemudian di rumuskan pada tahun 1972-1974 dan selanjutnya di lakukan pembangunannya pada tahun 1976-1981.

Dari kedua cerita diatas,kira-kira mana yang benar...semua tergantung cara menyikapinya.Karena WGM adalah salah satu destinasi wisata yang ada di wonogiri.Di setiap libur panjang maka akan di penuhi oleh para pengunjung.

FUNGSI WADUK GAJAH MUNGKUR
Pada dsarnya dengan di bangunnya WGM di harapkan dapat di jadikan sebagai pengendali banjir dari bengawan solo.Dengan luas 88 hektare,berada di sepanjang 7 kecamatan: wonogiri-Nguntoronadi-Eromoko-Baturetno-Wuryantoro-Ngadirojo-Giriwoyo.
Waduk Gajah Mungkur juga berfungsi untuk mengairi persawahan di daerah Sukoharjo,Klaten,Sragen juga Karanganyar seluas 23.600 hektare.

Salam
Phutune mbah Jogotirto 


No comments:

Post a Comment