Indonesian culture

Thursday 20 September 2018

TEMANGGUNG KOTA TEMBAKAU

Bicara trmbakau pasti pikiran kita akan teringat tentang rokok.Perusahaan rokok indonesia seperti Djarum Kudus dan Gudang Garam adalah salah satu perusahaan rokok terbesar di indonesia.Lalu darimana mereka mendapatkan suply tembakau untuk industri mereka?
Salah satunya adalah TEMANGGUNG...sebagai salah satu pemasok tembakau di kedua perusahaan tersebut.
                                                          Gmbr. Gunung Sumbing

Temanggung sebagai sebuah kota kabupaten yang terletak di lereng gunung Sumbing,berbatasan dengan Kendal di sebelah Utara,di timur dengn Semarang,Selatan dengan Magelang dan wonosobo di barat serta di antara dua buah gunung Sindoro dan Sumbing sangat mempengaruhi kehidupan para petani di kota temanggung.Dengan cuaca yang sangat dingin Tembakau sebagai salah satu komoditi terbesar untuk menunjang perekonomian warga temanggung selain tanaman sayur-sayuran.
Tembakau Temanggung sudah sangat terkenal karena aromanya yang khas dan sangat mahal harganya.
                                                    Petani Tembakau Temanggung

AWAL SEJARAH SINGKAT KOTA TEMANGGUNG

Temanggung dahulunya adalah sebuah kademangan,Pada masa Raja Mataram Kuno yang di pimpin oleh Rakai Pikatan yang namanya di abadikan sebagai wisata pemandian Pikatan di daerah Mudal,Tembarak.
Pada tahun 1983 di ketemukan sebuah prasasti di dusun Dunglo,desa Gandulan Kaloran oleh penduduk sekitar.Dalam prasasti tercatat adanya peninggalan batu-batuan kuno peninggalan Rakai Pikatan.

Berdasar Surat Keputusan Komisaris jenderal Hindia Belanda no 11 bulan Juli tahun 1826 di angkat Raden Ngabehi Djojoneghoro sebagai Bupati Manoreh yang terletak di Parakan,Temanggung.

Lalu atas kesepakatan para tokoh Temanggung maka di tertapkan bahwa 10 November 1834 sebai hari jadi kota Temanggung.

SENI DAN BUDAYA

Temanggung memiliki beberapa kesenian Leak yang berasal dari Bali karena pada masa dulu banyak sekali orang Budha yang menetap di Temanggung.Ada juga kuda kepang,tarian topeng loreng dsb.

Budaya nyadran/Mertideso sampai saat ini masih di lestarikan oleh penduduk Temanggung.

TEMPAT WISATA
Temanggung memiliki tempat wisata yang memiliki daya tarik para wisatawan lokal maupun luar negeri.Yang terkenal adalah JUMPRIT di ngadirejo,Monumen meteroit di bulu,Taman kartini di kowangan,Pikatan Park dan candi Pring sewu di liyangan.
Yang terakhir dan mulai terkenal adalah adanya PASAR PAPRINGAN,pasar tradisional yang di dirikan oleh para mahasiswa untuk meningkatkan perekonomian penduduk sekitar...
                                                      Candi Pring sewu,Liyangan

Anda berminat mengujungi wisata kota temanggung dan menikmati segarnya udara pegunungan? Datang dan kunjungi segera.....

No comments:

Post a Comment