Indonesian culture

Tuesday 16 October 2018

KUMPUL;AN KEBUDAYAAN INDONESIA

Indonesia adalah salah satu negara di dunia ini yang memiliki banyak kebudayaan.Mulai peninggalan jaman kerajaan hingga jaman kemerdekaan.Dan semua itu menjadi tradisi di masyarakat dan selalu di jaga eksistensinya hingga sekarang.
Dari beberapa kebudayaan yang ada di Indonesia bahkan sudah di akui dunia melalui UNESCO.

Penulis sengaja membuat tulisan ini agar kita sebagai rakyat Indonesia generasi penerus bangsa tidak lupa akan sejarah bangsa.
Penulis juga ingin agar kebudayaan negeri ini tidak hanya di kenal di dalam negeri tapi di seluruh dunia.

Inilah beberapa kebudayaan tanah negeri ini yang ingin penulis bagikan kepada pembaca semua.

1. WAYANG ORANG



Wayang orang adalah seni tari sebagai  pengganti seni wayang kulit atau wayang golek.Pada dasarnya dari segi cerita sama dengan wayang kulit atau wayang golek,yang membedakannya hanya pada pemerannya saja.
Wayang Orang di ciptakan oleh Sultan Hamangkurat 1 pada tahun 1731.

2. WAYANG KULIT


Wayang berasal dari Ma Hyang yang artinya menuju roh spiritual yaitu Tuhan Yang Maha Esa.
Wayang Kulit juga bisa berarti bayangan,karena penonton bisa melihat pertunjukan dari belakang layar.Wayang kulit terbuat dari kulit hewan seperti kulit Domba.
Wayang Kulit diakui UNESCO sebagai kebudayaan klasik yang memiliki nilai-nilai nasihat dalam kehidupan pada tanggal 7 November 2003.

3. WAYANG GOLEK



Wayang golek pada dasarnya sama dengan wayang orang ataupun wayang kulit,hanya pemerannya saja yang berbeda.Bila wayang kulit berbahan dasar kulit hewan tapi bila wayang golek berbahan golek yang di bentuk menyerupai manusia.
Berbeda dengan Wayang Kulit dan Wayang Orang yang lebih di kenal di Jawa Tengah dan Jawa Timur,lain halnya dengan Wayang Golek yang lebih di kenal di Jawa Barat.

4. TARI KECAK



Tari Kecak adalah tarian khas Bali.Tarian ini biasa di mainkan oleh 12 orang pria.Kecak berasal dari Ritual Sanghyang...Tarian Kecak berisi cerita tentang Ramayana saat Shinta di culik oleh Raksasa Rahwana.Pada tarian Kecak biasanya penarinya hilang kesadarannya dengan tujuan untuk bisa berkomunikasi dengan yang Gaib.


5. KUDA LUMPING (JATHILAN)



Kuda Lumping atau Jathilan di gambarkan sebagai seorang Prajurit Kerajaan yang sedang menunggang kuda.Biasanya para pemain kuda lumping ini tidak pada rasa sadarnya,sehingga terkadang kuda lumping dalam pentasnya sering memakan beling dsb namun tidak terluka sedikitpun.


6. ONDEL-ONDEL



Ondel-ondel adalah budaya asli Betawi.Ondel-ondel terbuat dari rangka bambu dengan ketinggian hingga 2,5 meter.Untuk Ondel-ondel jenis pria maka akan berwarna merah sedangkan untuk ondel-ondel perempuan berwarna putih.
Ondel-ondel biasa pentas saat pesta-pesta rakyat khususnya beretnis Betawi.




No comments:

Post a Comment