Indonesian culture

Thursday 11 October 2018

SEJARAH SINGKAT MINANGKABAU

Minangkabau terletak di Provinsi Sumatera Barat dengan ibukota Padang.Dengan jumlah penduduk mencapi 4.847.000 jiwa menjadikan sumatera barat sebagai salah satu provinsi berpenduduk terbesar di Indonesia.

SEJARAH SINGKAT MINANGKABAU



Pada awalnya Minangkabau adalah salah satu desa di kawasan Kecamatan Sungayang,Tanah Datar Sumatera Barat.Pada awalnya hanyalah sebuah tanah lapang.
Pada masa itu Minangkabau adalah sebuah kerajaan yang di pimpin seorang Raja bernama Adityawarman dari Pagaruyung.Pada pertengahan abad 17,Sang Raja memperkenalkan kerajaan Minangkabau dan pemerintahan yang terbuka bagi rakyatnya.


H ingga pada suatu hari Sang Raja mendengar issue bahwa kerajaan Minangkabau akan (pada waktu masih pada waktu belum memiliki nama karena masih berupa tanah lapang) di serang oleh Kerajaan Majapahit di Jawa Tengah.Agar tidak menimbulkan korban jiwa maka atas saran kedua belah pihak maka di putuskanlah pertarungan menggunakan Kerbau sebagai wakil dari masing-masing kerajaan.Maka siapa saja yang kerbaunya menang maka berhak menguasai wilayah Minangkabau.


Akhirnya terjadilah pertandingan tersebut dan Kerbau dari rakyat minang memenangkan pertandingan tersebut.Dan pasukan Majapahit pun kembali ke Jawa Tengah.

Melihat kemenangan itu maka sebagai pengingat penduduk sekitar di bangunlah sebuah rumah loteng dengan atap menyerupai tanduk kerbau.Dan Minangkabau adalah arti dari MENANG KERBAU.



itulah sejarah singkat tentang kerjaan minangkabau beserta budayanya,dan kita harus melestarikannya.

No comments:

Post a Comment