Indonesian culture

Friday 12 October 2018

SEJARAH,BUDAYA DAN WISATA JEPARA

JEPARA merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah.Berbatasan dengan Laut Jawa di barat dan utara,dengan Pati dan Kudus di Timur dan Demak di selatan.
Kabupaten Jepara meliputi Kepulauan Karimunjawa yang merupakan salah satu destinasi wisata di kota Jepara.



Selain sebagai kota Kabupaten,Jepara memiliki sejarah wisata Perjuangan juga wisata religi.Kita mengenal RA.Kartini salah satu tokoh emansipasi wanita Indonesia,selain itu beberapa sejarah mencatat Jepara adalah bagian dari penyebaran agama Islam pertama waktu itu.

Raden Ajeng Kartini

Jepara tidak bisa lepas dari sejarah adanya pergerakan wanita dalam menyetarakan kedudukan wanita dengan pria.Tokoh Kartini sangat terkenal karena perjuangannya dalam menyetarakan kedudukan wanita dengan pria.
Kartini di lahirkan di Kota Jepara pada waktu itu masih di bawah pemerintahan Hindia Belanda.Lahir pada tanggal 21 April 1879,dan beliau meninggal di Rembang pada tanggal 17 September 1904 di usianya yang masih muda 25 thn.

Untuk mengenang jasa beliau maka di buatkanlah sebuah museum Kartini di kota Jepara.

SEJARAH ASAL KOTA JEPARA

Pada abad 7 di Jawa ada kerajaan Ho Ling atau yang lebih di kenal Kalingga yang di yakini berada di wilayah kota Jepara.Dengan ibukota kerajaan di sekitar Benteng Potrugis,yang sekarang berada di Kecamatan Keling.


Pada masa itu kerajaan Kalingga di pimpin oleh seorang perempuan Ratu Shima.Kejayaan kerajaan Kalingga hanya bertahan dari abad 7 hingga abad 9,kemudian kerajaan bergeser ke arah Demak yang merupakan kota pertama yang melakukan penyebaran agama islam di tanah Jawa.

Asal usul nama jepara sendiri berasal dari kata Ujung Para,Ujung Mara dan Jumpara selanjutnya menjadi Jepara.Jepara memiliki arti tempat berkumpulnya para pedagang yang melakukan perniagaan.

WISATA DI JEPARA



Candi Bentar yang terletak di Jepara merupakan salah satu tujuan wisata para touris lokal maupun luar.Selain itu ada pula wisata di kepulauan Karimunjawa.


Bulus Raksasa yang berada di Pantai Kartini juga merupakan salah satu tujuan wisata lokal di akhir pekan.Di tiap akhir pekan atau di musim liburan lokasi ini penuh dengan para wisatawan.

Yuk wisata ke jawa tengah.....


No comments:

Post a Comment