Indonesian culture

Monday 15 October 2018

WISATA RAJA AMPAT

Raja Ampat berada di bawah pemerintahan Kabupaten Raja Ampat,Provinsi Papua Barat.Raja Ampat adalah sebuah RANGKAIAN 4 GUGUSAN PULAU yang berdekatan.


Pulau-pulau di Raja Ampat diantaranya adalah Pulau Waigo,Pulau Misool,Pulau Salawati dan Pulau Batanta

LEGENDA RAJA AMPAT

Dahulu kala seorang wanita menemukan 7 buah butir telur di sekitar daerah tersebut.Empat telur menetas menjadi 4 orang Pangeran dan berkuasa. Keempat Pangeran tersebut berkuasa di Waigo,Misool Timur dan Misool Barat.



Raja Ampat menerapkan sistem Adat Maluku,yaitu satu desa di pimpin oleh seorang Raja.Semenjak berdirinya lima Kesultanan Muslim di Maluku,Raja Ampat menjadi bagian dari kesultanan Tidore.
Saat Kesultanan Tidore kalah dari Belanda,maka klaim atas Kesultanan Tidore di ambil alih oleh pemerintahan Hindia Belanda.

AKTIVITAS MASYARAKAT RAJA AMPAT

Karena berada di lokasi pulau,maka penghasilan dari penduduk setempat adalah sebagai Nelayan Tradisional.Nelayan sebagai pekerjaan tetap mereka.
Sedangkan untuk aliran kepercayaan ada dua agama di Raja Ampat yang banyak di ikuti penduduk sekitar.
Islam di bawa karena pada masa itu banyak Kesultanan Muslim di sana
Sedangkan Kristen karena pada saat Kesultanan Tidore rubuh maka di ambil alih oleh Hindia Belanda.




Untuk mencapai ke area wisata Raja Ampat,kita bisa menggunakan Pesawat dengan rute dari Jakarta-Bali-Sorong via Makasar selanjutnya ke area wisata.



Untuk mencapai area lokasi menggunakan pesawat di butuhkan waktu sekitar 6 jam dari Jakarta.

Raja Ampat memiliki keindahan dasar laut karena lautnya yang masih alami.Raja Ampat merupakan salah satu Cagar budaya untuk pertumbuhan Terumbu Karang,sehingga area wisata ini di lindungi oleh pemerintah.

Yuk wisata ke Raja Ampat....

No comments:

Post a Comment