Indonesian culture

Monday 1 October 2018

WISATA KEPULAUAN KARIMUNJAWA - JEPARA

Kepulauan Karimunjawa terletak di Laut Jawa kabupaten Jepara Jawa Tengah.Dengan luas perairan 110.000 hektare dan daratan 21.500 hektare.Kepulauan Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria salah seorang waliyullah yang menyebarkan agama islam di tanah Jawa.


Kepulauan karimunjawa di tetapkan oleh Pemerintah Jepara pada tanggal 15 maret 2001  sebagai Taman Nasional karena fungsinya sebagai rumah terumbu karang dan hutan pantai.

LEGENDA

Asal usul tentang Kepulauan Karimunjawa ini menurut legenda adalah pada abad 15 hiduplah seorang waliyullah bernama Syeck Ja'far Shodiq atau Sunan Kudus.Beliau memiliki putra bernama Amir Hasan.Pada saat itu sang Wali ingin mengantarkan jamaah yang akan berangkat haji ke tanah suci Mekah.Kemudian beliau menitip pesan kepada putranya Amir Hasan untuk mengajarkan ilmu agama islam kepada para santri beliau di pesantren.Namun semua itu tidak di hiraukan oleh Amir Hasan.Para santri pun melapor kepada sang wali.Dan Sunan Kudus pun marah besar dan membuat Amir Hasan pergi meninggalkan pesantren.
Dalam perjalannya Amir Hasan bertemu dengan Sunan Muria dan di angkat santri sekalligus anak angkatnya.
Karena kenakalannya Sunan Muria memerintahkan Amir Hasan untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak "kremun-kremun".Maka dari situlah nama kepulauan itu menjadi Kepulauan Karimunjawa.


Kini Kepulauan Karimunjawa menjadi objek wisata yang memiliki destinasi pemandangan yang sangat indah.

Destinasi wisata yang menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara.Dengan pemandangan alam yang masih original membuat wisata ke Kepulauan Karimunjawa menjadi salah satu tujuan utama wisata di akhir pekan.

Yuk datang dan wisata akhir pekan ini ya...

No comments:

Post a Comment